Langsung ke konten utama

Inilah Rumus Baru Matematika Yang Ditemukan Oleh Profesor ITB

Pengetahuan matematika dikatakan sebagai basic dari semuanya ilmu dan pengetahuan. Walaupun beberapa orang yang tidak sukai pengetahuan kalkulasi mengkalkulasi ini, seringkali juga yang suka serta trampil mengaplikasikan pengetahuan ini. Prof. Marcus Wono Setya Budhi dari Fakultas Matematika serta Pengetahuan Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Tehnologi Bandung (ITB), menerangkan banyak persoalan keseharian yang bisa dimodelkan dengan matematika serta banyak contoh menarik dari problem yang bisa dikerjakan dengan pengetahuan matematika.

Pakar ITB Buat Aplikasi Mitigasi Bencana Banjir
Diambil dari buku orasi ilmiahnya berjudul “Matematika, Seni Pemecahan Problem, Bahkan juga untuk Hal Yang Tidak Terlihat” yang dipublikasikan di th. 2015 ini, Prof Wono menerangkan deskripsi mengenai seni serta faedah pemakaian matematika di kehidupan keseharian. Tersebut keteranganya seperti ditulis dari situs ITB, Kamis (22/2/2018).

Pemakaian pengetahuan matematika satu diantaranya bisa diliat dari peninggalan kontruksi bangunan yang ditinggalkan seperti candi-candi, istana, dsb yang terdapat banyak di Indonesia. Untuk membuat candi serta istana yang dapat kuat berdiri sampai saat ini, pasti butuh perhitungan matematika yang masak. Misalnya Candi Prambanan, tidak sekedar hanya tumpukan batu namun ada ruang kosong di dalamnya.

Hal-hal lain yang memakai perhitungan matematika misalnya karakter perambatan gelombang bila melalui masa yang berlainan masa. Manusia sekarang ini dapat memperkirakan susunan didalam bumi karena balikan atau invers gelombang dari dalam bumi

Tentu tahu film fantasi seperti Harry Potter serta Star Track kan? Nyaris kebanyakan orang tentu memiliki pendapat kalau film Harry Potter adalah film imajinasi yg tidak dapat dipikirkan dengan logika, seperti kekuatan jubah ajaib Harry Potter yang bisa membuatnya menghilang bahkan juga tidak tampak s/d jubahnya juga. Tidak jauh berlainan, di film Star Track, ada benda-benda yang bisa tampak serta tidak tampak. Dikisahkan, di kapal Romulan ada tameng yang bisa membelokkan sinar spesifik atau dalam pengetahuan matematika umum dimaksud cloaking. “Meskipun hal itu sangat rumit untuk diterangkan dalam hitung-hitungan matematika, tetapi dengan simpel dengan pembelokan sinar, jadi benda yang ada akan tidak tampak oleh mata, ” terang Prof. Wono seperti ditulis situs ITB.

Baca Juga: kumpulan rumus excel

Ada pula teori mengenai bagaimana dapat satu barang tidak terdeteksi oleh pantulan gelombang elektromagnetik yang bisa menembus nyaris semuanya media itu? Orang pakar matematika serta fisika sudah tahu bila hal itu begitu mungkin saja dikerjakan. Tetapi, keterangan teori itu sangat tehnis untuk diterangkan dengan rangkaian kata. Problem ini jadi “metamaterial” dengan susunan mikro yang begitu spesial, serta bisa membelokan gelombang yang bisa dikontrol dan macamnya.

Mengulas fenomena sehar-hari yang seringkali berlangsung di sekitaran kita dengan memodelkan bentuk kesamaan matematika pasti jadi begitu menarik karna tentu banyak hal-hal lain yang dapat juga dimodelkan. Prof. Wono menyebutkan, kalau matematika adalah aktivitas yang juga akan senantiasa berkembang.

Baca Juga: rumus terbilang

Matematika yaitu penemuan basic manusia pada jaman dulu, pasti bukan sekedar diperlukan satu rumus serta tentu semakin lebih menarik bila mengembangkannya. Kita mesti dapat belajar dari pendahulu kita, temukan rumus-rumus. “Kakak ipar saya itu tidak hafal dengan rumus, namun dia bisa merampungkan masalah geometri yang dilihat begitu susah. Karenanya, meskipun tujuan kita bukanlah untuk jadi seseorang pakar matematika, namun ketrampilan bermatematika juga akan begitu bermanfaat, terlebih untuk calon saintis, ataupun yang juga akan bekerja di bagian tehnologi, ” narasi Prof. M. Wono.

Artikel Terkait: rumus excel if

Berawal dari timbulnya pertanyaan-pertanyaan fisika serta kimia waktu SMA yang cuma dapat dikerjakan dengan matematika, mendorong Prof. Wono tertarik tekuni bagian matematika itu.

“Semisal bagaimana mengkalkulasi paruh saat satu zat yang memiliki usia beberapa ribu th., serta banyak tanda di fisika ataupun kimia yg tidak bisa dikerjakan, namun bisa dijawab lewat matematika, ” ungkap Prof. Wono. Sumber : Rumus Excel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Deteksi Masa Subur Wanita Melalui Warna Darah

Beberapa ledies tau tidak sich nyatanya kesuburan rahim dapat diliat dari warna darah haid. Sesudah tempo hari Tribunstyle. com mengulas keadaan kesehatan diliat dari warna haid kesempatan ini juga akan mengluas masalah kesuburan diliat dari hal sama. Untuk beberapa wanita senantiasa mengharapkan masa haid selekasnya berlalu. Pasalnya ledies senantiasa disibukan ganti-ganti pembalut serta menahan rasa sakit di perut. Belum juga mood yang menyukai naik turun seperti roller coaster duh buat tidak nyaman banget. Tapi ledis setelah itu mesti lebih mencermati masa mestruasinya. Pasalnya dari warna darah haid dapat di ketahui subur atau tidaknya rahim. Selain menggunakan  kalkulator masa subur , berikut cara mengetahui masa subur wanita dari warna darah 1. Hitam Pada sebagian masalah diketemukan warna darah haid hitam. Wanita yang alami ini dibarengi rasa sakit yang teramat perih. Wanita dengan darah haid hitam begitu susah hamil. Bila juga dapat berbadan dua kemungkinan juga lebih

Ini Kronologi Kasus Pencurian Data Facebook

Mendekati CEO Facebook Mark Zuckerberg tampak dimuka Kongres Amerika Serikat berkaitan skandal penyalahgunaan data, tensi telah mulai merasa dari anggota perlemen Negeri Paman Sam itu. Ketua Komite Senat masalah Niaga, Sains, serta Transportasi John Thune buat satu pernyataan bernada pedas pada Zuckerberg sebelumnya tokoh dunia internet itu bertemura dimuka Kongres, mulai Selasa (10/4) saat setempat. Dalam pernyataan tertulis itu, Thune juga menyinggung kesempatan juga akan diberlakukannya ketentuan baru yang akan mengatur perusahaan tehnologi seperti Facebook. " Di waktu dulu, banyak kolega saya baik di ke-2 bagian Republik ataupun Demokrat sudah bersedia menghormati usaha perusahaan tehnologi untuk mengatur diri mereka sendiri. Tapi ini mungkin saja beralih, " tuturnya. " Tuan Zuckerberg, dengan adanya banyak langkah Anda serta perusahaan yang Anda buat mewakili Mimpi Amerika. Beberapa orang sangat di inspirasi oleh apa yang sudah Anda buat, " kata Thune.

Inilah 8 Juta Lebih Siswa Sekolah Dasar Ikuti Ujian Nasional

Pemerintah masihlah bakal mengadakan UN (Ujian Nasional) utk level SMP, SMA, serta SMK/sederajat juga paket kesetaraan pada penghabisan tahun ajaran 2017-2018. Pekerjaannya bakal di gelar pada April-Mei lain kesempatan. Pengamat Pendidikan Said Hamid menilainya, kebijakan utk masih mengerjakan UN jadi isyarat bahwa pemerintah tak miliki inspirasi baru yg mampu melakukan perbaikan mutu pendidikan nasional. Pasalnya, UN bisa dibuktikan tdk bisa menambah akreditasi sekolah. Buat siswa, UN juga udah tdk dimanfaatkan menjadi alat penentu kelulusan biar dapat sekolah ke level lebih tinggi. Baca Juga:  Rumus volume tabung “Adanya UN melukiskan pemerintah belum pula miliki rancangan kebijakan lantaran yg masih jadi korban merupakan peserta didik lantaran siswa yg sekolah di sekolah terakreditasi C serta di bawahnya masih mesti isikan bab yg sama seperti siswa di sekolah akreditasi A. Walaupun sebenarnya, sebagian besar sekolah masihlah terakreditasi C atau di bawahnya. Kebijakan yg dem