Langsung ke konten utama

Ini Penyebab Rata-Rata Nilai UN Turun Karena Beralih Ke UNBK

Kemendikbud mengatakan UN di tahap SMA serta SMK sepanjang kurun 3 th. paling akhir alami penurunan nilai. Penurunan itu dikarenakan system model ujian yang beralih dari ujian berbasiskan kertas ke ujian nasional berbasiskan computer (UNBK).

Kepala Tubuh Riset serta Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno menerangkan penyebabnya penurunan nilai UN yang berlangsung. Ia menyebutkan sebenarnya nilai UN tidak alami penurunan karna terlebih dulu sekolah-sekolah mengadakan UN dengan system UNKP (ujian nasional kertas-pensil) serta banyak kecurangan nilai disana hingga, waktu system dirubah jadi UNBK, nilai tampak alami penurunan.

Bacalah juga : Mendikbud : UN 2018 Tidak Ada Masalah


" SMK berlangsung penurunan nilai, sedang SMA penurunannya relatif semakin besar. SMA berlangsung penurunan nilai matematika 4, 6 point, kimia 2, 6, bhs Indonesia tidak turun, bhs Inggris naik. Pokoknya sedikit saja naik kita syukuri, biologi turun sedikit. Itu negeri serta swasta seperti IPA serta IPS, " kata Totok di gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).

Penurunan nilai itu, dikatakannya, berlangsung karna dua aspek. Aspek pertama, perubahan system ujian dari UNPK jadi UNBK yang menurut dia di UNKP siswa memperoleh nilai tinggi karna kecurangan namun saat ini di UNBK siswa memperoleh nilai murni.

Baca Juga: cara membuatdiagram lingkaran 

" Jadi penurunannya dikarenakan perubahan model ujian UNKP jadi UNBK. Untuk sekolah-sekolah yang dahulu integritasnya rendah dibawah 50 point itu hingga terkoreksi sejumlah 39 point skornya. Jadi dahulu awal mulanya gunakan kertas, tapi mungkin saja curang integritas rendah itu awal mulanya dahulu 80 terkoreksi 39 jadi saat ini cuma 40. Jadi aspek koreksi itu seakan-akan turun, tapi tunggulah dahulu, itu palsu, nah saat ini lebih murni. Jadi menurut saya itu koreksi karna dahulu nilai tinggi karena curang, " katanya.

Baca Juga: lingkaran

Setelah itu, dia menyebutkan, aspek ke-2 yaitu ada soal-soal UN th. 2018 dengan tingkat kesusahan yang lebih tinggi di banding UN pada 2017. Tingkat kesusahan soal-soal UN ini dihadapi oleh siswa di 50% sekolah yang diperkirakan mempunyai nilai UN alami penurunan. Sedang 50% sekolah yang lain alami kenaikan nilai.

Artikel Terkait: skala

Ia menyebutkan, sampai 2018, sejumlah 93% SMA serta 98% SMK telah mengadakan UN dengan system UNBK.

" Saat ini hasil UNBK sebenarnya deskripsi yang positif tunjukkan apa yang ada. Terminologi tidak alami penurunan, tapi mengoreksi, " tegasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Deteksi Masa Subur Wanita Melalui Warna Darah

Beberapa ledies tau tidak sich nyatanya kesuburan rahim dapat diliat dari warna darah haid. Sesudah tempo hari Tribunstyle. com mengulas keadaan kesehatan diliat dari warna haid kesempatan ini juga akan mengluas masalah kesuburan diliat dari hal sama. Untuk beberapa wanita senantiasa mengharapkan masa haid selekasnya berlalu. Pasalnya ledies senantiasa disibukan ganti-ganti pembalut serta menahan rasa sakit di perut. Belum juga mood yang menyukai naik turun seperti roller coaster duh buat tidak nyaman banget. Tapi ledis setelah itu mesti lebih mencermati masa mestruasinya. Pasalnya dari warna darah haid dapat di ketahui subur atau tidaknya rahim. Selain menggunakan  kalkulator masa subur , berikut cara mengetahui masa subur wanita dari warna darah 1. Hitam Pada sebagian masalah diketemukan warna darah haid hitam. Wanita yang alami ini dibarengi rasa sakit yang teramat perih. Wanita dengan darah haid hitam begitu susah hamil. Bila juga dapat berbadan dua kemungkinan juga lebih

Ini Kronologi Kasus Pencurian Data Facebook

Mendekati CEO Facebook Mark Zuckerberg tampak dimuka Kongres Amerika Serikat berkaitan skandal penyalahgunaan data, tensi telah mulai merasa dari anggota perlemen Negeri Paman Sam itu. Ketua Komite Senat masalah Niaga, Sains, serta Transportasi John Thune buat satu pernyataan bernada pedas pada Zuckerberg sebelumnya tokoh dunia internet itu bertemura dimuka Kongres, mulai Selasa (10/4) saat setempat. Dalam pernyataan tertulis itu, Thune juga menyinggung kesempatan juga akan diberlakukannya ketentuan baru yang akan mengatur perusahaan tehnologi seperti Facebook. " Di waktu dulu, banyak kolega saya baik di ke-2 bagian Republik ataupun Demokrat sudah bersedia menghormati usaha perusahaan tehnologi untuk mengatur diri mereka sendiri. Tapi ini mungkin saja beralih, " tuturnya. " Tuan Zuckerberg, dengan adanya banyak langkah Anda serta perusahaan yang Anda buat mewakili Mimpi Amerika. Beberapa orang sangat di inspirasi oleh apa yang sudah Anda buat, " kata Thune.

Inilah 8 Juta Lebih Siswa Sekolah Dasar Ikuti Ujian Nasional

Pemerintah masihlah bakal mengadakan UN (Ujian Nasional) utk level SMP, SMA, serta SMK/sederajat juga paket kesetaraan pada penghabisan tahun ajaran 2017-2018. Pekerjaannya bakal di gelar pada April-Mei lain kesempatan. Pengamat Pendidikan Said Hamid menilainya, kebijakan utk masih mengerjakan UN jadi isyarat bahwa pemerintah tak miliki inspirasi baru yg mampu melakukan perbaikan mutu pendidikan nasional. Pasalnya, UN bisa dibuktikan tdk bisa menambah akreditasi sekolah. Buat siswa, UN juga udah tdk dimanfaatkan menjadi alat penentu kelulusan biar dapat sekolah ke level lebih tinggi. Baca Juga:  Rumus volume tabung “Adanya UN melukiskan pemerintah belum pula miliki rancangan kebijakan lantaran yg masih jadi korban merupakan peserta didik lantaran siswa yg sekolah di sekolah terakreditasi C serta di bawahnya masih mesti isikan bab yg sama seperti siswa di sekolah akreditasi A. Walaupun sebenarnya, sebagian besar sekolah masihlah terakreditasi C atau di bawahnya. Kebijakan yg dem